Mengenal Ikan Cupang Hias di Indonesia

Mengenal-Ikan-Cupang-Hias-di-Indonesia

Hobi memelihara ikan hias belakangan ini sedang meningkat secara drastis, apalagi pada masa pandemi yang mewajibkan orang bekerja melalui rumah. Hal tersebut tentu saja mengundang kejenuhan yang meningkat secara drastis karena hanya bisa berdiam diri dirumah saja.

Salah satu ikan hias yang paling banyak diminati adalah ikan cupang hias. Ikan bernama latin Beta.SP ini merupakan ikan hias yang memiliki sifat teritorial dan tidak bisa digabung dengan jenis ikan lain. Ada beberapa alasan para penghobies baru maupun penghobies lama memilih ikan cupang sebagai hobi barunya adalah karena ikan ini memiliki fisik yang tahan banting atau tidak mudah sakit dan tidak membutuhkan tempat yang besar untuk memelihara ikan ini.

Berdasarkan bentuknya ikan cupang dibagi menjadi tiga jenis ikan, yaitu :

  • Plakat
  • Slayer Halfmoon
  • Strit/Crowntail

Ketiga jenis ikan tersebut memiliki keunikan dan keindahan masing – masing, namun kembali lagi kepada selera para penghobies. Saat ini, pecinta cupang berjenis plakat mendominasi pasaran diikuti dengan jenis slayer halfmoon dan yang terakhir jenis strit/crowntail.

Hal tersebut dikarenakan ikan cupang berjenis plakat memiliki keunikan sendiri, dimana ikan ini memiliki ekor yang bulat, rapih dan lebar. Saat ini ikan cupang dilihat keindahannya berdasarkan corak warna pada badan ikan tersebut. Ada banyak jenis ikan cupang dipasaran saat ini, yuk kita lihat bersama – sama.

Jenis – Jenis Ikan Cupang Hias di Pasaran

Berbagai jenis warna ikan cupang yang unik dan menarik dapat anda temukan dipasaran. Warna yang dihasilkan juga beraneka ragam, serta memiliki harga yang berbeda – beda pula. Berikut beberapa daftar jenis ikan cupang yang ada dipasaran :

  • Ikan Cupang Avatar

Ikan cupang avatar memiliki warna yang didominasi oleh warna biru navy. Yap, benar sekali ikan ini terinspirasi dari serial film berjudul Avatar dimana para makhluk manusia menjadi berwarna biru. Sama seperti ikan cupang avatar, dimana ikan ini memiliki sedikit warna merah dan warna biru navy yang sangat pekat.

Untuk harga ikan cupang avatar dapat dikatakan sebagai ikan yang paling mahal dikelas ikan cupang dan ada kelas masing – masing. Harga termurah dapat anda temukan diangka dua ratus ribuan, dan untuk kelas kontes ikan ini bisa mencapai puluhan juta.

  • Ikan Cupang Blue Rim

Bila anda tertarik dengan warna soft yang bisa membius mata anda, maka ikan cupang blue rim adalah pilihan yang tepat. Ikan ini memiliki badan dengan full warna putih bercampur dengan warna pink dan memiliki ekor serta sirip berwarna biru.

Pada pasaran ikan hias, cupang blue rim cukup banyak diminati oleh para penghobies, dan bisa anda bungkus seharga seratus lima puluh ribuan saja loh. Namun harga tersebut tidak bisa menjadi patokan, karena tergantung dengan kualitas ikan tersebut. Semakin bagus kualitasnya, maka semakin tinggi harga ikan tersebut.

  • Ikan Cupang Koi

Jenis cupang ini tidak memiliki badan yang sebesar ikan koi ya, melainkan memiliki corak dan warna selayaknya ikan koi. Warna putih dikombinasikan dengan motif berwarna merah dapat anda temukan pada jenis ikan ini.

Walaupun terlihat indah dan menarik, harga dari jenis ikan ini tidak terlalu mahal kok. Anda bisa mendapatkan ikan ini dengan harga seratus ribuan saja.

  • Ikan Cupang Black Samurai

Cupang Black samurai atau Black mamba, memiliki warna hitam pekat dikombinasikan dengan warna perak keputihan pada badan bagian atas ikan ini. Bila dilihat sekilas, badan ikan ini terlihat layaknya pedang yang terkena cahaya. Untuk harganya anda bisa mendapatkan dirange harga 150 ribuan hingga 500 ribuan.

  • Ikan Cupang Nemo

Mungkin kita sudah tidak asing dengan ikan nemo. Para peternak ikan cupang berhasil menyilangkan ikan cupang sehingga memiliki motif seperti ikan Nemo. Memang tidak terlihat seperti ikan nemo atau ikan badut, namun corak dan warnanya hampir menyerupai warna ikan nemo.

Anda bisa mendapatkan jenis ikan ini seharga 400 ribuan saja, namun sedikit susah untuk mendapatkan jenis cupang tersebut dengan kualitas yang baik.

  • Ikan Cupang Red Dragon

Nampak sekilas terlihat seperti jenis ikan blue rim, namun yang membedakan adalah warnanya saja. Ikan cupang red dragon memiliki sisik berwarna perak dan disertai warna merah pada bagian dasi, ekor, dan sirip ikan tersebut. Kedua warna tersebut sangat kontras dan cukup memanjakan mata loh.

Untuk harga ikan ini memiliki harga senilai 100-250 ribuan saja, bergantung dengan ukuran dan kualitas ikan tersebut.

  • Ikan Cupang Hellboy

Apa anda pernah menonton film hellboy? Ya sebutan itu sangat tepat dengan jenis ikan ini. Ikan cupang berjenis ini memiliki warna merah pekat disertai dengan kombinasi warna putih pada bagian ujung ekor ikan tersebut dimana terlihat seperti tanduk hellboy.

Harga termurah ikan ini bisa anda dapatkan seharga 100 ribuan dan untuk harga ikan yang berkualitas bisa anda dapatkan hingga jutaan rupiah.

  • Ikan Cupang Fancy

Jenis ikan cupang fancy ditandai dengan sisik yang berwarna warni serta ekor dan sirip yang memiliki gradasi dari beberapa warna. Jenis ikan ini sangat elegan dan mimin sendiri paling tertarik dengan jenis ikan ini.

Dipasaran ikan ini dijual seharga 150ribuan hingga lima ratus ribu, tergantung dengan kualitasnya.

Nah itulah beberapa jenis ikan cupang yang paling viral belakangan ini. Bagaimana ? Tertarik untuk memelihara ikan tersebut? Anda harus mengetahui peralatan apa saja dan bagaimana cara merawat ikan ini, berikut panduannya.

Cara Memelihara Ikan Cupang Hias

Ikan Cupang Hias zaman sekarang dapat dikatakan sebagai ikan yang dipelihara untuk dilihat saja, berbeda dengan ikan cupang zaman dahulu dimana dilatih untuk bertarung dan dipelihara hanya untuk diadu. Untuk memelihara ikan cupang, tentu saja anda harus mempersiapkan beberapa hal yaitu :

  • Aquarium Soliter

Aquarium soliter adalah aquarium yang dirancang khusus untuk ikan cupang dimana aquarium ini memiliki ukuran yang kecil dan memanjang keatas. Biasanya ukuran aquarium ini 15 cm x 20 cm. Dipasaran aquarium soliter ini memiliki dua jenis bahan yaitu kaca dan Akrilik. Untuk aquarium berbahan kaca dijual seharga 50 ribuan, sedangkan yang akrilik lebih murah, yaitu 25 ribuan saja.

  • Alat Siphon

Alat siphon sangat dibutuhkan untuk membersihkan bagian dasar aquarium, mengingat aquarium cupang tidak menggunakan filter. Alat siphon ini digunakan untuk mengangkat sisa – sisa makanan serta kotoran ikan cupang.

  • Serokan Khusus Cupang

Serokan untuk ikan cupang memiliki bentuk lingkaran dengan diameter yang kecil. Serokan ini dirancang khusus untuk ikan cupang agar mudah saat ingin menyerok ikan dan dirancang agar sisik maupun ekor cupang tidak rusak.

  • Termometer

Termometer sangat dibutuhkan untuk memastikan suhu air aquarium anda. Apalagi di Indonesia cuaca pancaroba sering kali terjadi, dan kita tidak bisa memastikan berapa suhu pada aquarium anda.

  • Ph Test

Mengukur (Ph) Tingkat keasaman sangat diperlukan untuk memastikan kesehatan ikan. Perlu anda ketahui jenis ikan cupang zaman sekarang sangat rentan terkena penyakit hingga pengukuran kadar Ph sangat penting demi kesehatan betta anda.

Nah itulah beberapa peralatan yang harus anda persiapkan untuk memelihara ikan cupang. Beberapa peralatan diatas merupakan peralatan standart yang harus anda miliki, berbeda cerita bila anda memelihara ikan cupang di aquascape, dimana anda harus memiliki obat anti alga dan sebagainya.

Berbeda dengan ikan cupang zaman dulu, ikan zaman sekarang sedikit rentan terkena penyakit loh, oleh sebab itu sangat penting untuk mempersiapkan beberapa alat diatas.

Sampai disini saja informasi mengenai ikan cupang yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat dan membantu anda memenuhi informasi yang sedang anda cari. Sampai jumpa dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *