Daftar Pakan Ikan Cupang Berdasarkan Fungsinya

daftar-pakan-ikan-cupang-berdasarkan-fungsinya

Pemberian pakan ikan cupang sangat berdampak untuk perkembangan badan ikan tersebut hingga perkembangan warna yang dihasilkan dari pakan yang anda berikan. Pakan yang diberikan juga harus bervariatif dan tidak monoton pada satu jenis pakan saja. Hal tersebut dilakukan agar ikan cupang kesayangan kita tidak jenuh dengan satu jenis pakan saja sehingga peliharaan kita juga lahap atau rakus saat makan. Perlu anda ketahui, semua ikan hias yang sehat memiliki satu ciri – ciri yang sangat mudah untuk dilihat yaitu lahap saat makan dengan catatan kita juga memberi makan dengan jadwal yang teratur.

Nah untuk sahabat beta nih, kami akan memberikan beberapa rekomendasi pakan yang bagus serta fungsi utamanya untuk ikan cupang kesayangan anda, berikut ulasannya.

Artemia

Jenis pakan ini terbuat dari udang air asin yang dikeringkan. Bentuknya sekilas kita lihat mirip seperti pellet tapi dalam bentuk serbuk. Jenis pakan ini sangat cocok untuk anda yang memiliki ikan cupang yang masih kecil atau anda para breeder ikan cupang. Untuk mendapatkan artemia juga sangat mudah ditemui mulai dari toko ikan, hingga toko toko online pada beberapa merchandise di Indonesia seperti shopee atau Tokopedia.

Artemia kering ini dapat dikatakan pakan alami yang olah menjadi pakan instan untuk ikan hias. Tidak hanya cupang, artemia juga dapat diberikan untuk semua jenis ikan hias yang masih kecil. Jika kita berbicara harga, harga artemia jauh lebih mahal jika kita bandingkan dengan pelet biasa. Hal tersebut dikarenakan artemia memiliki kandungan protein serta keratin yang tinggi yang berbentuk didalam kemasan instan. Harganya berkisar 70-80 ribu rupiah perkemasan kecil.

Jentik Nyamuk (Encu)

Jentik nyamuk atau encu sangat mudah untuk ditemukan. Encu merupakan sebuah larva nyamuk yang hidup dipermukaan air seperti selokan. Untuk menemukannya sangat mudah, hanya tinggal diserok. Bila anda tidak memiliki waktu untuk mencari jentik nyamuk, anda juga bisa membeli ditoko – toko ikan juga kok yang dikemas dalam jumlah yang besar. Biasa dipasaran harga jentik nyamuk berkisar 10 ribu hingga 20 ribu perbungkusnya.

Khasiat dari jentik nyamuk yaitu membuat pertumbuhan badan ikan cupang seperti ekor, sirip dan dasi ikan cupang semakin cepat pertumbuhannya. Pakan ini sangat cocok untuk dijadikan pakan utama ikan cupang kesayangan anda.

Kutu Air

Selanjutnya ada pakan hidup kutu air. Pakan ini sangat bermanfaat untuk mencerahkan warna ikan cupang serta sisik yang tebal. Sama seperti encu, pakan kutu air ini sangat mudah untuk ditemukan pada selokan – selokan. Selain itu kutu air juga tersedia pada toko toko ikan yang dikemas dalam keadaan hidup. Ada juga kutu air yang dibekukan hingga sangat mudah dan praktis untuk disimpan.

Pelet

Pakan pelet merupakan pakan instan untuk ikan – ikan hias kesayangan anda. Jenis pakan ini sangat cocok untuk anda yang ingin simple dan praktis dalam merawat ikan cupang. Namun kekurangannya adalah anda harus sering – sering mengganti air pada wadah tempat ikan cupang anda bersemayam. Hal tersebut dikarenakan pelet larut didalam air dan membuat air tersebut keruh. Bila hal tersebut terjadi dan anda tidak mengganti air, maka kandungan amoniak akan meningkat dan keselamatan ikan cupang anda akan terancam.

Cacing Darah

Jenis pakan yang terakhir adalah cacing darah. Jenis pakan ini dapat dikatakan sebagai pakan alami ikan cupang di alam bebas. Jenis pakan blood worm atau cacing darah ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat mencerahkan warna ikan cupang anda. Jadikanlah pakan ini menjadi pakan selingan agar ikan cupang anda memiliki nafsu makan yang bagus.

Nah dari semua daftar pakan tersebut anda bisa membuat variasi dalam menu ikan cupang anda, misalkan dihari pertama anda memberikan artemia, dan hari kedua anda memberikan full jentik nyamuk dan seterusnya agar nafsu makan ikan cupang anda terjaga dan perkembangan ikanpun semakin cepat.

Itu saja informasi menarik yang dapat kami bagikan pada hari ini, semoga bermanfaat dan menambah informasi yang sedang anda cari – cari. Terima kasih dan ikuti terus informasi menarik lainnya seputar ikan cupang. Sampai jumpa dan salam satu hobi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *