Cara Menyisir Ekor Ikan Cupang

cara-menyisir-ikan-cupang

Dalam memelihara cupang anda harus melakukan berbagai jenis treatment agar ikan cupang kesayangan anda bertumbuh semakin indah dari waktu ke waktu. Tahukah anda, sekarang sudah ada yang namanya salon ikan. Berbeda dengan manusia, dimana ketika pergi ke salon memotong rambut, namun ikan cupang akan disisir bagian ekor, dayung, fin atas, dan fin bawah. Hal tersebut bertujuan untuk memperlebar bagian tubuh yang disisir. Di sisir yang dimaksut bukan seperti manusia ya, melainkan disayat bagian tulang mudanya agar semakin mekar dan tumbuh tulang muda baru.

Mungkin bagi anda yang sudah menjadi senior dalam mengurus ikan cupang sudah mengetahui step – step yang harus dilakukan, namun untuk para pemain baru atau newbie pasti kesulitan dan takut ikan cupang kesayangannya mati. Bila ingin melakukan perawatan, biasanya para pemula pergi kesalon ikan. Biaya yang harus dikeluar cukup mahal juga loh, apalagi bila ditangani orang yang sudah profesional dan terkenal di dunia ikan cupang hias, pasti harganya semakin tinggi. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan panduan atau tutorial melakukan treatment sisir ikan cupang. Namun sebelum membahas lebih dalam lagi, anda harus mempersiapkan beberapa peralatan, yaitu obat bius ikan atau bisa juga menggunakan es batu, pisau bedah atau jarum pentol. Dengan dua perlengkapan tersebut, maka anda sudah bisa melakukan treatment pada ikan cupang kesayangan anda. Selanjutnya anda hanya perlu mengikuti step – step berikut.

  • Langkah pertama siapkan wadah berisi sedikit saja untuk dicampurkan dengan obat bius atau es batu.
  • Setelah itu masukan ikan kedalam wadah tersebut.
  • Tunggu sekitar tiga sampai lima menit, ketika ikan sudah mulai tidak sadar seperti sudah mati angkat langsung.
  • Perhatikan setiap serat ekor, dasi, fin atas dan fin bawah, kemudian anda hanya perlu menyayat sesuai dengan alur serat ekor tersebut. Usahakan lakukan secepat mungkin jangan melebihi 2 menit.
  • Setelah ikan sudah selesai disayat, masukan ikan cupang kedalam aquarium/toples disertai dengan batu aerator yang dialiri oksigen besar.
  • Dekatkan ikan kepada batu aerator tersebut hingga ikan kembali sadar.

Bila ikan sudah kembali sadar, kami menyarankan anda untuk memberikan daun ketapang atau ekstrak daun ketapang untuk membantu ikan kembali beradaptasi. Hal diatas sangat aman dilakukan bila anda hati – hati. Kebanyakan para pemula mengalama kendala ketika proses pembiusan, ada yang terlalu lama hingga akhirnya ikan mati, ada juga yang terlalu cepat sehingga ketika ikan sedang dieksekusi ikan berontak dan tertusuk.

Jika dibandingkan dengan membawa ikan cupang anda kesalon ikan, biaya yang anda butuhkan jauh lebih murah loh. Anda hanya memerlukan dua perlengkapan yaitu obat bius/es batu dan pisau/jarum pentol. Tidak menghabiskan dana lebih dari lima puluh ribu kok untuk membeli perlengkapan tersebut. Coba anda bayangkan setiap bulannya anda harus mengeluarkan uang kurang lebih seratus ribu untuk sekali treatment.

Untuk hasil optimal, kami menyarankan anda melakukan treatment ini seminggu sekali. Tergantung dengan kondisi ikan, bila terlihat ekor ikan sudah kembali normal langsung saja lakukan treatment ini dan kami akan menjamin anda mendapatkan hasil yang sangat optimal.

Demikianlah informasi mengenai tutorial sisir ikan cupang. Semoga bermanfaat dan menjadi edukasi untuk anda selaku para pemula. Bila ada pertanyaan seputar treatment cupang anda bisa bertanya kepada kami melalui kolom komentar dibawah ini. Sampai jumpa lagi pada kesempatan berikutnya, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *