Cara Memilih Ikan Cupang Hias

Cara-Memilih-Ikan-Cupang-Hias

Siapa yang tidak mengetahui ikan cupang? Ikan cupang adalah seekor ikan hias yang hidup secara soliter atau tidak bisa berdampingan. Hal tersebut dikarenakan ikan cupang memiliki sifat teritorial dan lebih suka menyendiri. Memelihara ikan cupang juga jauh lebih mudah dibandingkan memelihara jenis ikan hias lainnya. Hal tersebut dikarenakan ikan cupang hanya memerlukan tempat yang kecil mengingat ukuran ikan ini cukup kecil dan tidak bisa digabungkan.

Aquarium yang digunakan juga biasa memiliki ukuran 20×10 cm saja. Kemudahan lainnya adalah anda tidak memerlukan aerator sebagai oksigen untuk ikan cupang, dikarenakan ikan cupang tidak memerlukan oksigen yang banyak untuk dapat bernafas didalam aquarium. Mengenai suhu air juga tidak perlu diperhatikan karena ikan cupang dikenal dengan jenis ikan yang tahan banting.

Namun jangan salah sangka, ikan cupang juga bisa sakit loh, baik pada saat dirawat, maupun saat awal pertama kali beli. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips dan trik memilih ikan cupang.

  • Ekor/Sirip Ikan

Saat memilih ikan cupang, pastikan anda memperhatikan kondisi dari sirip maupun ekor ikan tersebut. Pastikan ekor maupun sirip ikan tersebut tidak grepes ataupun terkena penyakit whitespot. Ikan yang terkena whitespot salah satu tandanya terlihatnya bintik – bintik titik putih kecil pada sirip,ekor, maupun badan ikan.

Pastikan juga untuk ikan cupang yang anda pilih memiliki sirip atau ekor yang megar atau tidak kuncup. Bila ekor ikan tersebut kuncup maka dapat dipastikan ikan tersebut sedang dalam keadaan tidak sehat.

  • Mental Ikan

Mental ikan yang baik dapat anda identifikasikan bila ikan tersebut galak dan mengendok saat ditunjuk dengan jari telunjuk. Mental ikan sangat berpengaruh dengan keindahan ikan cupang, semakin mentalnya bagus maka semakin sering juga ekor maupun siripnya mekar dengan sempurna.

Bila anda menemukan seekor ikan dengan mental yang kurang galak, maka dapat disebabkan dengan dua hal, apa karena ikan tersebut sedang sakit, maupun ikan tersebut memiliki mental yang kurang bagus bawaan gen.

  • Badan Ikan

Badan ikan juga perlu anda perhatikan saat memilih ikan cupang berkualitas. Pastikan ikan yang anda pilih memiliki sisik yang mulus dan rapih. Bila anda menemukan titik titik putih pada badan ikan tersebut jangan dibeli karena dapat dipastikan ikan tersebut sedang dalam keadaan sakit.

Yang lebih bahaya adalah penyakit kembang sisik. Penyakit ini dapat terlihat jelas dengan mata dimana ikan tersebut memiliki sisik seperti nanas atau sisiknya mengangkat. Bila ada ikan cupang hias yang terkena penyakit ini, kemungkinan hidupnya sangatlah kecil, jadi jangan sampai anda memilih ikan dengan keadaan seperti ini.

  • Warna Ikan

Saat memilih ikan cupang yang berkualitas, pastikan anda memilih warna ikan cupang yang cerah. Cerah yang dimaksut bukan jenis warnanya, tapi kecerahan terhadap warna tertentu, contoh anda membeli ikan cupang berwarna hitam, pastikan warna ikan tersebut cerah dan tidak lusuh seperti ikan sakit.

  • Berenang Dengan Aktif

Salah satu ciri ciri ikan yang sehat adalah ikan yang berenang secara aktif di dalam aquarium ataupun di kolam. Pilihlah ikan cupang yang berenang secara aktif kesana kemari dan tidak diam dan menetap disatu tempat saja.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat ingin memilih ikan cupang yang sehat dan berkualitas. Semoga informasi ini dapat mengatasi kendala anda yang bingung untuk memilih ikan cupang hias yang ingin anda beli. Sampai jumpa dilain kesempatan dan pastinya dalam pembahasan ikan hias. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *